Sisi Lain Dunia Pesantren

 PESANTREN.

Apa yang pertama kali terlintas di benak kalian saat mendengar kata ‘PE-SAN-TREN” ?

Bagiku pribadi sebelum aku masuk ke pesantren, pesantren itu kayak penjara. Peraturan ketat, serem, gak jelas, banyak ninjanya ( Emakku pernah cerita kalo zaman dulu banyak ninja berkeliaran di pesantren. Naruto dan para Hokage kali, yah!?Hahah ) dan aku bener-bener menolak buat dijebloskan ke pesantren (dulu). Tapi gak tau kenapa sekarang aku malah masih bertahan hidup di pesantren dengan aman dan nyaman. Sementara temen-temen aku udah banyak yang pada boyong dari pesantrenku saat ini, aku malah masih fine-fine aja di sini dengan kondisi masih hidup dengan utuh tanpa tercabik-cabik. Masih aman.

Di balik tembok pembatasnya yang begitu ketat, gak banyak orang tau apa aja yang ada di dalam pesantren. Aturan ketat itu pasti, kurang tidur apalagi, dapet hukuman itu lumayan buat kenang-kenangan, dan pasti dapet keluarga baru. 

Saranku,, carilah jodoh dari pesantren!  Biar barokah. Hahah..
Tapi gak cuma itu. Setelah setahun lebih aku mencoba pengalaman baru untuk menjalani hidup di pesantren, aku banyak menemukan fakta-fakta baru yang kayaknya gak bakal aku tahu kalo aku gak nyoba masuk pesantren secara langsung.

Jadi girls, pesantren itu ternyata..

1. Senioritas Tinggi

Mungkin ini termasuk salah satu alasan kenapa orang-orang pada gak betah di pesantren. Selain aturannya yang ketat, ternyata aku baru tau kalo di sana orang-orangnya juga ngeselin parah. Yang senior-senior sok berkuasa, sok tua, sok bener, sok iyes, dan sok-sok yang lainnya. Bikes banget.

Kadang nih ya, kalo juniornya rame pasti di-ssttt-ssttt-in, tapi kalo mereka sendiri yang berisik sampe musholla udah kayak pasar codot mereka malah tetep kayak orang tanpa dosa, malah jadi codot beneran. Belum lagi mereka yang suka bikin geng-geng gak jelas. Dasar codot

2. Suka Sesama Jenis

Kaget gak sih pas baca judul ini? Kaget dong. Kaget lah.

Berdasarkan cerita temen-temenku yang pernah nyantri di pesantren yang lebih besar, katanya fenomena kayak gini ini udah biasa getoh. Gila. Serem gak, sih!?

Aku bener-bener baru tahu yang kayak ginian, gak nyangka abis, tercengang parah, dan aku pengen salto sambil pake salto. Bah, ternyata ada juga ya yang begituan di lingkungan kita dan udah dianggap biasa. OMEGAAAD..

Nah, ternyata pemicu terjadinya fenomena kayak gitu ya apalagi kalau bukan pembatasan yang super ketat antara laki-laki dan perempuan. Ya kan di pesantren yang gede biasanya antara cewek dan cowok pasti dipisah apalagi yang di pesantren salaf, malah ketemu orang tuanya aja, terutama Bapak, kadang masih dibatasi banget. Maka menjelmalah mereka menjadi zombie yang haus akan belaian. Berhubung gak ada lawan jenis, sesama jenispun jadi.

Banyak aku denger cerita kejadian LGBT di pesantren ini yang bahkan lebih parah dari sekedar digrepe-grepe. Apaan coba? Sial, otakku teracuni.

Etapi, kejadian kayak gini untungnya gak menimpa di pesantrenku saat ini. Emang khusus cewek sih, tapi gak ada pembatasan khusus buat ketemu cowok. Jadi, aku masih normal woy. Haha..

Malah sama kyaiku, santrinya disuruh cepet nikah. Dari umur kan udah siap. Cuma, JODOH GUE MANA ??

3. Surat-Surat-an

Kalo denger zaman sekarang masih pake surat-surat-an rasanya jadul banget, ya. Tapi itulah yang kadang terjadi di pesantren, mau zaman now atau zaman old, sama aja. Apalagi di pesantren yang ketat abis. Gak boleh bawa hp atau laptop atau alat komunikasi lainnya. Kalo ketahuan malah bisa dibakar, abis dah lu. Jadi, surat-menyurat ini adalah salah satu alternatif pilihan untuk berkamuniasi antar teman atau lawan jenis. Itupun kalo gak ketahuan. Kalo ketahuan, ya sama aja, bisa abis juga kena hukuman pengurus.

Nah, sistem surat-menyuratnya juga dengan berbagai cara. Ada yang dititipin temen, atau yang diselipin di kolong bangku atau di beberapa tempat lainnya yang memungkinkan untuk di baca orang. Karena surat menyurat di pesantren itu gak harus tau tujuannya ke siapa dan siapa pengirimnya. Ya kayak surat kaleng gitu. Ada yang bermaksud buat kenalan lewat surat itu dengan menyertakan nomor HP atau akun facebook atau akun media sosial lainnya. Nah, nanti kalo udah musim liburan baru deh bisa coba dihubungi atau diliat profilnya di akun facebooknya atau media sosial lainnya. Iya, itu beneran terjadi di pesantren, khususon pesantren gede dengan peraturannya juga ketat banget. Kayak apa aja, ya. Unik sih. Pesantren punya tuh. Haha..

Sumpah, ngambil foto beginian aku  mesti sembunyi-sembunyi, coy!

4. Sandal Ghosob

Sandal Ghosob ini adalah fenomena yang sering terjadi di pesantren yang kayaknya juga bisa masuk  dalam daftar keajaiban dunia yang ke-142.

Kalau kalian bertanya-tanya apa itu sandal ghosob, berarti kita sama. Selamat! Aku gak bego sedirian. *Kita salaman dulu. Yeah.

Oke lanjut ke cerita. Pada awalnya aku juga gak tau apa itu sandal ghosob, aku kira malah sandal gosok. Sandal yang bisa digosok-gosok gitu, terus keluar jin gentong yang akan mengabulkan 3 keinginan kita. Tapi salah. Haha.. *Gak lucu, kampret!

Lalu apakah sandal ghosob itu? Apakah sandal yang bisa terbang ataukah sandal yang antara kanan dan kirinya bentuknya sama dan selalu berjalan beriringan seperti aku dan kamu yang selalu melangkah beriringan menghadapi suka dan duka bersama. Eaa..eaa..

Jadi sandal ghosob ini adalah fenomena dimana sandal-sandal suka menghilang dengan sendirinya. Hii, serem, gak sih!? Tapi hilangnya sandal itu ya karna dighosob orang alias dipake orang tanpa izin. Asal pake aja gatau punya siapa. Aku aja sering jadi tersangka sekaligus korban.

Ya kan susah sih. Sandalku dighosob, ya akhirnya aku juga pake sandal orang. Banyak yang kesel gara-gara fenomena ini. Bahkan aku pernah sampe nangis gara-gara perkara sandal doang kampret. Sialan. Sangar-sangar gini, hati gue malah kayak tahu. Lembek banget. Njiiir.

Perkaranya simpel, sih. Tapi di sini, segala sesuatu gak pernah dianggap simpel. Perkara sandal dighosob doang, orang-orang suka mengheboh-hebohkan kayak pacarnya ditikung orang aja. Bisa dilabrak. Bah, parah pokoknya. Kayak yang ngelabrak itu gak pernah nge-ghosob sandal orang aja. Kan kampret.


Gini aja kali, ya? Bahahaha..
5. Kakak-Adek-an

Jangan kira kakak-adek-an cuma ada di dunia maya atau di dunia nyata rasa maya. Fenomena kakak-adek-an juga terjadi di pesantren, coy. Tapi ini cenderung terjadi dikalangan sesama jenis, khusunya cewek.

Jadi di pesantren itu kan kita emang dipertemukan dengan banyak orang dengan karakter mereka yang berbeda-beda. Bahkan satu kamar aja bisa isi sampe 40-an orang (tergantung pesantren dan luas kamarnya) dan itu mengharuskan kita terbiasa dengan banyak karakter. Iya, kan!? Iya dong! Bisa bayangin gak sih, kamar gak seberapa luas isi 40-an orang, tidurnya kayak apaan coba, belum barang-barangnya. Parah. Tapi di situlah kerennya jadi santri. *Mentang-mentang sekarang udah jadi santri. Haha..

Tapi pesantrenku gak se-Rock ‘n Roll itu. Aku malah cuma bertiga satu kamar. Amaaan.

Nah, dari situlah kadang kita akan menemukan orang atau beberapa orang yang tepat yang bisa sejalan, searah, sehati, sejantung, seupil, dan se..se.. yang lain. Dan lama-lama akan menjadi akrab. Dari keakraban itulah terjalin sebuah persaudaraan yang sangat erat antar mereka. Ada yang bersahabat dan ada juga yang lebih dari itu, kakak-adek-an.  Yang lebih tua jadi kakak dan yang lebih muda jadi adek. Yang lebih tua lagi jadi emak angkat, yang lebih tua lagi jadi nenek angkat, dan begitu seterusnya sampe jadi keluarga besar ubur-ubur. 


Oke lanjut.

Biasanya yang kayak gitu itu jadi sering bareng-bareng. Jalan bareng, kemana-mana bareng.  Biarpun beda kamar, kadang malah gak peduli sama temen kamarnya, yang penting bisa terus bareng sama orang yang mereka nyamani. Jadi kenyamanan itu emang penting, guys. Camkan itu! Kenyamanan. Dan lagi, di pesantren itu, kita gak bakal cuma nemuin orang baik, orang yang luarnya baik tapi di dalemnya kampret juga banyak, yang ngeselin juga melimpah. Jadi, waspadalah.. waspadalah..!!!

Tapi dari situ kadang, kenyamanan itu malah bisa bablas dan timbullah virus-virus yang menimbulkan perasaan lebih dari seorang temen atau saudara. Perasaan suka sesama jenis bisa saja dipicu oleh fenomena ini. Sekali lagi, waspadalah.. waspadalah..!!! 

Nikmat beneer..  
Sebenernya pesantren itu asik sih kalo dinikmati. Gak serem-serem amat kok ternyata. Aku aja kayak kadang malah ngerasa nyesel kenapa gak dari dulu aku masuk pesantren. Pasti.. aku.. bakal jadi jodohmu. Bahahah...
                
Barokallah

Oke, Ciluk daah..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Mahasiswa Saat Dalam Kelas

Semester Rawan Kecelakaan

Zaman Sial