Jenis-jenis Mahasiswa Saat Dalam Kelas


Holaa.. apa kabar, nih? Semoga baik selalu, ya, dan selalu dalam lindungan Allah. Aamiin..

Setelah kemarin Aku sempat memuat tulisan mengenai curahan hatiku (ealah, curahan hati, haha) mengenai semangat kuliahku yang lagi turun, sorenya tiba-tiba rame. Ternyata gak sengaja tulisanku di baca oleh salah satu dosen ku dan dia menanggapinya dengan tanggapan yang menurut aku terlalu serius untuk tulisan yang cuma sebuah curhatan. Ah, kemarin itu asli seru banget, sih. Temen-temenku akhirnya juga ikut berkomentar dan berpendapat, kan. Tulisanku kemarin itu jadi kayak momentum mereka untuk meluapkan keresahan, tapi apalah daya dosennya baperan. Malah disuruh pindah kuliah, gak asik. Aku sempet deg-degan gitu, kan. Gua bukan Soe Hok Gie, broh. Haha.. aku tidak bermaksud menyinggung siapapun, niat seruan-seruan aja yakan, tapi eh kok ada yang tersinggung gitu, mana doi kaprodiku lagi. Parah. Tapi sayang banget waktu itu hp ku mati, jadi belum sempet komen, eh beliau sudah kaluar grup. Ingin ku berkata jorok, ah. 

Setelah kejadian itu, aku jadi terpikirkan untuk menulis sesuatu tentang dosen-dosen. Tapi menulis hal seperti itu dalam keadaan seperti itu, kayanya bisa menimbulkan tulisan yang -bisa-bisa isinya hanya emosi, kritikan, dan sambatan-sambatan lainnya. Jadi, setelah berdiam diri selama beberapa lama di female toilet, akhirnya aku menemukan ide untuk membahas yang ini saja. 

Oke, kali ini, sesuai judul, aku akan membahas jenis-jenis mahasiswa saat di dalam kelas. Mahasiswa juga manusia, bukan kerbau, yekan?

1. Suka molor
Nah, yang ini udah lumrah banget di mana-mana. Jangankan di kelas seukuran mahasiswa, di gedung DPR aja banyak yang suka molor. Jangankan DPR, aku aja suka molor. (Emang ada hubungan apa aku dan DPR? Haha..)
Buseett.. yang cewe gua doang, coy. Berat.. berat.. 
Kebiasaan molor atau tidur di kelas ini emang udah sering banget terjadi. Aku sering banget mengalami hal itu. Ya, gimana lagi, ya. Orang udah ngantuk, dan satu-satunya obat ngantuk ya tidur, kan. Aku juga udah sering menahan, menampar-kampar diri sendiri, mengalihkan pada pikiran yang lain, tapi mata tetep aja berat. Ya sudahlah. 

Menurut aku, yang bikin ngantuk itu bukan hanya karena kita emang ngantuk, tapi karena kebosanan. Ketika pikiran kita udah di gerogoti kebosanan, udah deh, dampaknya adalah mulut menguap, mata berat, tubuh lemas, mulai timbul halusinasi, dan akhirnya tewasss. Jadi, hindarilah kebosanan. Kalau yang bikin bosan adalah dosen, maka hindarilah dosen itu. Jangan kuliah, tidur aja di rumah lu. Wkwkwkwk. PEACE. 

2. Suka Lempar Batu Sembunyi Tangan
Yang ini seru, nih. Kalian pernah gak sih punya temen yang pas dia diminta guru atau dosen untuk persentasi tiba-tiba dia lempar ke kelompok lain. 
"Ayo kelompok ini maju!" Dosen bersabda.
"Loh, bukannya kelompok itu, Bu?" Kelompok ini tiba-tiba amnesia.
"Loh siapa kemarin yang diminta persentasi?"
"Kelompok ini, Bu." Kelompok itu membela diri.
"Bukan, Bu. Bohong. Kelompok itu, Bu."
"Kelompok ini, Bu." 
"Kelompok itu, Bu."
"Ini, Bu" .... "Itu, Bu."
Hajaaaaarrrr....
Mahasiswa beraksi. Berantem. Tawuran. Lempar-lempar bolpen, proposal, makalah, bangku, kursi, lempar kewajiban. Kelasnya dibakar. Kampusnya diledakkan. Dosennya menganggur. Mahasiswanya jadi dosen. Merdekaaaa... ahahaha..

3. Adek-Kakak In Crime
Di kelas aku punya temen yang mereka selalu dipasang-pasangkan sebagai adek-kakak yang mereka itu saling membully dan bikin kerusuhan. Kalian punya nggak temen model gini?
Pasangan kakak-adek ter-soo sweet in this periode.  
Jadi, mereka itu kayak udah saling melengkapi gitu untuk membuat kerusuhan di kelas. Misal ada salah satu yang membully temennya, tiba-tiba yang satunya ikut manasin, meramaikan, menghebohkan, dan pecah satu kelas. Kan bangke.
Contoh percakapan:
Si kakak memulai, "hahaha.. si anu bolpennya runcing. Kayak tombak. Hahaha.."
Si adek ikutan, "hahaha, iya. Mana ada bolpen runcing kaya gitu. Punyaku dong, tumpul. Kayak pistol. Hahaha"

Anjaaayyyy..

Tapi, ini biasanya kalau tidak ada temen-temen seperti ini kelas akan sepi, krik-krik, bosen, ngantuk, dan akhirnya tewas. Jadi, ya syukuri aja punya temen seperti itu. Hahaha

4. Sok i-yes
Mahasiswa tipe ini biasanya suka nggak disukai sama mahasiswa yang lain, tapi disenangi sama dosen. Iyakah? Entahlah, harusnya sih begitu.  Biasanya pas persentasi mahasiswa tipe ini suka mengajukan pertanyaan yang aneh-aneh atau memberikan jawaban yang cuma mbuuleet ae. Gak ada titik temunya.

Aku termasuk orang yang suka mengajukan pertanyaan pas ada yang persentasi. Tapi itu tergantung pemahaman, sih. Kalau nggak paham, ya tanya lah, apalagi kalau pembahasannya seru. Beh.. hajaaarr. Biar dapet ilmunya, kan. Tapi kalau lagi males tanya, ya diem aja gua mah, kalau enggak,
 ya tidur.

Temen-temenku mungkin suka kesel sama aku kalau pas mereka persentasi, tiba-tiba aku mengacungkan pertanyaan, sampe kadang aku suka dipesenin duluan, "Kalau aku persentasi, kamu tidur aja, ya. Gaosah nanya!" Haha.. Maap, ya, man-teman. Ya kan aku pengen paham. Wekekek

Suka bikin temen kesel, sih, iya. Tapi kalau disenangi dosen sih kayaknya enggak. Malah kayaknya sebaliknya. Soalnya ku bukan mahasiswa cantik dan penurut. Wakakakak.. 

5. Rajin
Tipe mahasiswa ini pasti ada di kelas manapun. Keberadaan mahasiswa rajin sama biasanya dengan keberadaan mahasiswa yang suka molor. Tapi mahasiswa rajin pendeskripsiannya standart, datang tepat waktu, suka duduk di depan, suka mencatat, kalau dosen menjelaskan suka nggak ngedip (takut ketinggalan berita), suka menabung dan tidak sombong. 
Apakah kamu termasuk jenis mahasiswa ini?

6. Suka Mojok
Ini tipe mahasiswa yang senang memperhitungkan strategi tempat duduk, nih. Biasanya, sebelum masuk mereka sudah tidak terbayang akan duduk di depan. Jadi pas masuk, langsung nyari tempat pojok di belakang. Tujuannya ya bervariasi, ada yang udah berniat buat tidur (biar ga keliatan dosen), ada yang mau nge game (biar ga kelihatan dosen, lagi), ada yang emang merasa kalau tempat di pojokan itu emang tempat mereka. Pren banget dah pokoknya sama bangku pojok. Mau ngapain aja bebas, gak kelihatan dosen, mungkin begiru pikir mereka. Yekan? 

7. Suka Update Sosial Media
Temenku banyak yang begini, nih. Sebelum masuk, cekrek. Upload. Jadiin settatus,  dengan caption "hm.. kuliah lagi. Semangat deh walau nggak ada yang nyemangatin". 💩

Habis ini upload, ya, sis. ;)
Selesai kuliah, update lagi "Ah, akhirnya selesai juga kuliahnya. Capek juga, ya!" 💩

Monggo di follow artis kitahh..
Bahkan, ada yang ngelive pas lagi pembelajaran. Temen-temenku emang unique-unique. Sayang syekalii.

8. Sibuk Dengan Dunia Sendiri
Aku juga gak paham apa yang ada di pikiran temen aku saat matanya menghadap ke depan,  nggak kedip-kedip, tapi pandangannya nggak ke depan dan mulutnya mangap-mangap. Mungkin dia lagi mikirin masalah hidup kali, yah. 
Hidup ini emang berat, om.
Kadang ada juga yang suka tiba-tiba ketawa sendiri, teriak-teriak sendiri (tapi ditahan), kakinya jingkrak-jingkrak, gregetan, pikirannya jumpalitan, salto-salto, bahkan sampe kayang. Itu ada. Dan itu aku, aku rasa. Hehehe..
Tenang teman, masih ada Allah. :)

9. Mahasiswa Gabut
Mahasiswa jenis ini biasanya mahasiswa yang sudah mulai tidak fokus dengan apa yang dijelaskan di depan tapi energi masih cukup kuat untuk menahan ngantuk. Jadilah mereka berkreasi sesuka hati supaya energi mereka bisa tersalurkan. Ada yang malah gangguin temennya yang lagi asik tidur. Yang lagi asik dengerin dosen ceramah, malah dilempar batu bata (Ya enggak, dong. Bahaya, dong. Dilempar kertas aja udah lemah. Haha)

Ada juga yang melukis. Kayak gini, nih. 👇
Semoga nama doi nggak hanya ada di tanganmu, ya, broh. Tapi juga di doamu. Aseeekkkk

Jangan kau pikir dia betina, jantan!
Niat banget lu, broh.
10. Tidak Suka Pertanyaan
Tipe mahasiswa ini masih erat kaitannya dengan jenis mahasiswa yang di nomor 4. Tapi ada kasus lain kenapa pertanyaan-pertanyaan itu kadang tidak di sukai. 

Jadi, pernah nggak sih kalian pas waktu kuliah udah mau habis, bahkan sudah habis, malah masih ada temenmu yang tanya. Astajiim...itu temen benar-benar ngeselin, yah. Dan terkadang itu juga aku. Hahaha.. 

Monmaap, ya, teman-teman. Hidup ini memang penuh dengan pertanyaan dan pengorbanan.

Okee.. Jadi itulah jenis-jenis mahasiswa saat di dalam kelas menurut riset kecil-kecilan yang aku lakukan beberapa hari ini pada diri sendiri dan teman-temanku di kelas.

Menurut kalian, kalian tipe mahasiswa yang bagaimana di kelas. Mungkin kalian bisa sharing di kolom komen dan bercerita tentang keseruan-keseruan kamu dan temen-temen kamu di kelas. Biar bisa kita tertawakan bersama. Hihihi.. 

Fyi, ide tulisan ini aku temukan di female toilet dan secara kebetulan juga aku menyelesaikan tulisan ini di WC. Terpujilah para jamban. Haha

Oke. Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat dan menghibur. Silakan dishare kalau sekiranya temanmu harus tahu.

Terima kasih, sampai jumpa...

Komentar

Posting Komentar

Katakan sesuatu !

Postingan populer dari blog ini

Semester Rawan Kecelakaan

Zaman Sial