Pesantren dan Petualangan


Saat gue terbangun dari tidur di pagi yang dingin dan basah karena hujan semalam, gue kembali ingat kenangan masa lalu gue dimana gue masih bisa terjaga dengan kondisi yang harus disyukuri di dalam tenda yang masih basah tertimpa embun dan sisa-sisa hujan kemarin malamnya saat melakukan pendakian Gunung Semeru atau Gunung Rinjani. Hujan selalu menjadi pemicu terbukanya kenangan lama bagi gue. Rasanya baru kemarin gue melakukan pendakian bersama sahabat-sahabat pecinta alam gue. Tapi nyatanya, udah lebih dari tiga tahun lamanya gue meninggalkan dunia kepetualangan itu.

Banyak yang terjadi dalam hidup yang gak bisa kita terka. Sekalipun kita sudah merencanakan hidup kita baik-baiknya, tapi bener kata orang, ujung-ujungnya kita hanya memainkan sebuah lakon yang skenarionya hanya Dia yang tahu.

Hidup gue sendiri banyak berubah setelah masa SMA usai. Semuanya mulai berubah. Sahabat-sahabat gue mulai mencari tempat terbaiknya masing-masing untuk masa depan mereka. Gue juga begitu. Ikut tes ini-tes itu untuk kuliah, melanjutkan pendidikan. Setelah sedikit terombang-ambing, akhirnya kami dapet tempat yang mungkin itu adalah yang terbaik untuk kami. Kami mulai terpisah, bukan berpisah. Langkah kaki kami tidak lagi beriringan, tapi cerita yang pernah kami jejaki bersama terus merangkul kami pada satu kenangan yang sama. Aseeeek.

Selama kita masih diperkenankan untuk bernafas, maka hidup harus terus berlanjut. Sahabat-sahabat gue kuliah. Gue juga kuliah. Tapi ada yang lain yang terjadi di hidup gue yang gue bilang inilah arti hidup sebenarnya, gak ada yang tau apa yang akan terjadi ke depannya. Gue kuliah sambil nyantri, Boss. Iya, masuk pesantren. Padahal dulu gue selalu nolak senolak-nolaknya kalo disuruh masuk pesantren. Eh, sekarang malah masuk pesantren.

Etzzz.. Jangan kaget dulu. Kali ini gue masuk pesantren karna kemauan gue sendiri. Bukan paksaan orang tua gue.  Kalo dibilang gue adalah korban takdir, mungkin bener. Tapi setelah dipikir-pikir, mungkin gue juga harus nyoba buat ngerasain gimana rasanya masuk pesantren. Mencoba keluar dar zona nyaman gue.  Lagian ini juga gak bakal ‘ngerusak’ hidup gue. Anggep aja ini tantangan buat gue. Petualangan baru. Petualangan kan gak harus berdarah-darah atau mempertaruhkan nyawa kita untuk sesuatu yang kita anggap keren. Cukup lu coba masuk kelas anak hukum walaupun lu dari fakultas pertanian. Gak ada hubungannya emang. Tapi seperti yang gue kutip dari kata-kata om Harry Suliztiarto di serial Dunia Dalam Kita – Eiger, bahwa “Petualangan itu adalah melangkah pada sesuatu yang belum diketahui”. Coba aja apapun yang belum pernah kalian coba dan rasakan sensasi kesegarannya. #Apasih

Seperti yang kalian tahu, pesantren selalu identik dengan aturan yang ketat, banyak sanksi yang ketat juga, harus pake rok, gak bisa bebas keluar-masuk, kagiatan yang padet, dan lain sebagainya. Itu emang bener. Semuanya emang serba diatur. Dari mulai bangun tidur sampe tidur lagi. Awalnya gue sempat kagok karna emang baru pertama kalinya gue masuk pesantren, tapi lama-lama gue juga bakal terbiasa. Yang bikin gue merasa aneh di pesantren mungkin diaturan yang harus pake rok kalo kuliah. Nah loh. Padahal dulu gue jarang pake banget buat pake rok. Pake celana udah paling nyaman buat gue. Gue pikir di sini gue juga harus belajar jadi perempuan yang baik dan benar deh. Oke baiklah..

Soal petualangan, gue emang akan susah banget buat berpetualang ke alam bebas lagi. Jalan-jalan ke gunung atau ke pantai akan sangat susah. Kadang gue suka kangen banget tidur ditenda pas ngecamp di gunung atau tidur di beralaskan pasir dan beratapkan langit pas ngecamp di pinggir pantai.  Petualangan yang udah terlanjur terjadi dalam hidup gue dulu seolah menjadi candu buat gue. Gue selalu pengen mengulang hal itu terjadi lagi. Tapi apalah daya kaki tak sampai dan masa lalu hanya akan terus berjalan ke belakang. Aseeeek. Kayak kentut deh. 

Gue rasa, gue udah gak bisa seleluasa dulu untuk berpetualang ke alam bebas. Susah. Dengan rutinitas pesantren dan kuliah yang begitu banyak udah bikin gue susah bagi waktu, apalagi untuk izin keluar pesantrennya. Ribet. Gue cuma boleh keluar kalo izin pulang ke rumah doang, itupun cuma sebulan sekali. Belum lagi kalo gue sampe ketahuan izin pulang ke rumah tapi sebenarnya gak pulang ke rumah, bisa abis gue. Kasian banget kan gue? Tapi di situlah tantangannya. Ini malah lebih menantang dari tantangan itu sendiri.

Petualangan akan terus berlanjut walaupun gue gak lagi bisa seleluasa dulu. Burung aja masih bisa terbang walaupun udah di dalam sangkar. Iya enggak?

Petualangan baru akan segera dimulai, girls.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Mahasiswa Saat Dalam Kelas

Semester Rawan Kecelakaan

Zaman Sial