Sa Wat Dii Khra Thailand


Pertama pastinya ucapan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diperkenankan untuk main di Thailand selama beberapa minggu dengan mudah dan gratis. Alhamdu..lillaaah..

Alhamdulillah banget sih tahun ini aku dapet beasiswa yang tidak terduga banget buat main ke negara gajah putih ini. Nah, karena ini pertama kalinya aku main di luar negeri yang notabenenya udah beda jauh sama Indonesia, baik dari segi budaya, agama, makanan, dan lainnya, jadi aku emang harus bisa beradaptasi dengan baik. Anggep aja ini kayak latihan aja buat next journey to nowhere. Hehe..
Beradaptasi di negara orang ternyata menyenangkan, loh. Oleh karena itu, aku mau cerita gimana asiknya beradaptasi di sini.


Pertama, dari segi agama. Seperti yang kita tahu kalo mayoritas di negara Thailand adalah Budism, muslim justru jadi minoritas banget di sini. Jadi, gak ada ceritanya pagi-pagi ada orang adzan atau nemu musholla buat sholat di kampus tempat aku belajar. NGGAK ADA. Kalaupun ada pasti di tempat lain yang banyak muslimnya. Dan kebetulan di tempat aku menetap di sini, di daerah Petchaburi District, muslim emang minoritas banget, jadi ya emang susah banget buat nemu orang adzan atau tempat sholat. Bahkan bisa dibilang nggak ada.
Ini semacammasjidnya mereka, gengs. 


Jadi untuk mengatasinya, aku dan temen-temen lebih cenderung menggunakan petunjuk dari matahari dan untuk lebih akuratnya kami juga pake aplikasi di HP buat nunjukin kapan waktu sholat dan arah kiblatnya. Kalo untuk urusan sholat, kalau selama di asrama sih aman. Walaupun banyak anjing berkeliaran, tapi insyaAllah gak sampe masuk ke dalam asrama kok.  Nah, kalo di kampus, waktu itu kami dicarikan kelas kosong sih buat sholat. Tapi, di kampus tempat aku belajar juga banyak banget anjingnya. Jadi sempet membuat teman-teman risih, takut najis atau apala-apalah, yekan. Tapi kalau udah dalam kondisi kayak gitu yang penting yakin sajalah, ya. Bismillah, hamparkan sejadah, yakin dan dirikan sholat. Yegak? Hehe.. Dan untuk wudhunya, ya kalo beruntung kami bisa berwudhu di toilet yang ada semprotan airnya, kalo enggak ada semprotannya ya di westafle. Bawa asik aja, sih. Haha..

Kedua, dari segi makanan. Di sini, hampir setiap hari makanan yang mereka suguhkan kepada kami, seluruh partisipan summer course, pasti ada menu yang mengandung daging, dan salah satunya pasti ada daging babi. Nah, loh. Tahu sendiri kan kalau muslim tidak diperbolehkan untuk makan daging babi dan daging lainnya yang penyembelihannya gapake bismillah, katanya kan gitu. Jadi, makanan kami dipisah dengan makanan partisipan lainnya yang mayoritas adalah non-muslim dan bisa mengonsumsi daging babi dan daging lainnya. Akhirnya kami hanya makan sayur, telur, seafood. Sedih baget gak, sih. Ah, sial.
Menu makan naks China sama Taiwan.
Tapi di luar doktrin-doktrin agama, sebenernya aku sendiri pengen nyoba melakukan banyak hal dalam hidup, i want to live my live, termasuk memakan sesuatu yang tidak biasa aku makan sebelumnya, misalnya jangkrik goreng, pepes ulat sagu, termasuk makan daging babi juga, walaupun kebanyakan memang terlihat menjijikkan. Karena menurutku, selalu menyenangkan untuk mencoba sesuatu yang baru, yekan? Tapi ya balik lagi ke masalah awal, i’m a muslim. Udah terlanjur.

But don’t worry, be happy! Sesekali kami juga nyoba makan daging kok, daging ayam doang pastinya. Masak gak makan daging sama sekali. Hihi.. panitianya mungkin kasihan kali ya liat kami yang variasi makanannya cuma dari olehan sayur, telur, dan seafood. Jadi kami juga diberikan menu makan berbahan daging ayam dan kami pun tidak menolak. Hehe.. Kalo makanan yang mengandung babi, jelas-jelas udah dipisah sama panitianya, jadi udah gabisa makan babi sama sekali. Bahkan dengan kedok ‘nggak sengaja’ pun udah susah. Mungkin di lain kesempatan aku bisa nyoba makan babi dengan kedok ‘tau-tau udah ketelen’ gitu, kan. Haha.. lumayan.
Masuk area makanan berbabi. Tuh depanku ada babi.
E tapi, itu kan kalau di kampus, jadi makanan halal sudah disediakan. Tapi gimana kalau nyari makanan halal di luar? Ya agak susah juga, sih. Dalam beberapa hari kami memang diberikan waktu untuk jalan-jalan di luar dan belanja makanan kami sendiri. Nah, seperti yang aku bilang tadi, berhubung muslim emang minoritas banget di sini, jadi makanan halal juga susah ditemukan. Untuk beberapa menu yang pengen aku beli, pasti ada campuran daging babinya.

*Kesempatan kan kalau pengen nyoba daging babi. Tapi dalam hati masih dilematis banget. Beli gak ya.. beli gak ya.. makan gak ya.. makan gak ya.. ah. Damn, i’m muslim! Jadi, mau gak mau tetep harus nyari makan yang gak ber-babi.

Tapi di beberapa tempat yang aku datengin justru memberikan petunjuk kalau tempat itu menjual makanan halal. Biasanya di depan warungnya ada tulisan halal-nya pake tulisan arab, atau bisa juga ditandai dengan penjualnya yang pake jilbab (kalo ibu-ibu). Tapi jarang banget. Ya tinggal cari aja sampe ketemu. Haha..

Untuk masalah makanan ini aku ada se-fruit cerita, nih. Pengalaman pribadi, sih. Pernah suatu hari aku udah laper banget kan ya, terus pesen dahtuh, aku lupa nama makanannya apaan, tapi intinya noodle gitulah. Nah, pas dateng, jreng.. jreng.. ya mie lah, kan pesennya mie. Haha.. Etapi ini horor juga tau. Di mienya itu kan ada campuran-campurannya gitu. Aku kan gatau itu ada campuran apa aja, yang pasti nggak ada babi. Tapi ada yang aneh, pas tanya ke temenku yang dari China, eh dengan santainya mereka bilang, “That’s blood,”. Anjirr.. Aku pikir itu jeroan sapi doang, kan. Soalnya bentuknya emang kayak daging. Eh ternyata.. Sial. Udah laper, mahal-mahal aku beli, eh masih aja ada giniannya. Nyesel banget aku nanya. Kenapa gak makan dulu baru nanya, sih. Tahu-tahu udah ketelen gitu kan enak. Biar tau rasanya makan darah sama biar gak rugi juga, kan. Haha #AntiRugi-RugiGrup

Bukan apa-apa, sih. Pas temenku ngomong kalau itu darah, aku jadi langsung ngebayangin darah dalam bentuk aslinya, kan. Aku malah udah gak minat buat sekedar nyobain si blood itu. Akhirnya, darahnya aku kasih ke temen China-ku itu dan mie-nya tetep aku makan dong. Bodo amat. Ga nanya-nanya lagi, deh. Langsung hajaarrr. Udah laper. Udah terlanjur beli juga.

Oke lanjut.

Ketiga, dari segi bahasa. Kalau dari segi bahasa sih emang gak se-dilematis seperti masalah-masalah sebelumnya. Tapi cukup menghabiskan energi otak juga, sih. Haha.. Di program ini kan terdiri dari partisipan-partisipan dari beberapa negara dengan bahasa yang pastinya berbeda-beda juga. Oleh karenanya, kami harus pake bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Tapi gak semuanya lancar dalam bahasa Inggris, selancar-lancarnya juga pasti masih ada kekurangannya juga, kan. Yah paling enggak levelnya masih ada di Good lah. Belum lagi, kebanyakan dari kami juga gak terlalu menguasai bahasa Thailand dan emang gak terlalu diwajibkan untuk tahu juga. Jadi, untuk beberapa hal yang tidak bisa kami sampaikan dengan bahasa inggris, kami sampaikan dengan menggunakan isyarat tubuh aja, atau buka kamus dulu (e-dictionary), atau coba pake bahasa qalbu. Kalo masih ga paham juga ya just let it go! Haha..
Tetep akrab, kok. :)
Yah, yang namanya kesalahpahaman karna perbedaan bahasa dan ke-kurangpaham-an kami untuk menyampaikan suatu hal dengan bahasa yang mereka mengerti memang tidak bisa kami dihindari. Bahkan kadang saat kami mau becanda antar teman, candaannya jadi garing krik-krik karena terkendala bahasa. Dia ngomong apa, kita nangkepnya apa. Kan, gak nyambung. Itu yang bikin niat awal pengen becanda jadi let it go. Haha.. Tapi itu sama sekali tidak mengurangi keakraban kami. Hal-hal terkait bahasa hanya terjadi beberapa kali aja, sih. Nggak sering. Lagian juga masih banyak cara untuk bisa menjalin keakraban, bukan? Salah satu yang terpenting adalah saling menghargai. Yegak? Yadong.

Keempat, adaptasi lingkungan. Kalau adaptasi dari segi lingkungan gak banyak masalah, sih. Secara kan Thailand masih deket dengan Indonesia, masih sama-sama Asia Tenggara juga. Jadi perbedaan iklim dan cuaca di sini tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Tapi kebetulan waktu itu kami datang saat Thailand sedang musim hujan, sedangkan di Indonesia sedang musim kemarau. Tapi yang aku rasain di Thailand waktu itu malah panas banget, intensitas hujan waktu itu belum begitu sering, sih.

Bagiku kondisi lingkungan di daerah yang aku tinggali, Petchaburi district, itu agak sedikit mirip dengan Madura. Iya, Madura. Kenapa aku bilang begitu? Karena selain udaranya yang panas, tidak jauh dari tempat aku tinggal (mungkin sekitar 10 km lebih) itu juga ada sawah garamnya. Persis kayak di depan rumahku. Huhu.. tapi di tempat ini udah lebih tertata dan walaupun panas dan tanahnya berbatu tapi disepanjang jalan justru banyak perbukitan hijau yang keren. Dan yang lebih kerennya lagi adalah.. bersih. Jarang ada sekumpulan sampah yang nyempil di pandangan kita dan merusak pemandangan. Hhh..  tarik nafas yang dalam lalu hembuskan. 
Kayak gini nih ada di setiap bangunan, kayak tempat penyembahan kecil kayak di Bali. Tapi beda bentuk dan jenis sesajennya. 
Tapi di sisi yang lain, aku juga melihat Thailand ini juga mirip dengan Bali. Aku melihat banyak tempat peribadatan semacam pura kecil gitu (apasi namanya) di depan setiap bangunan, tapi ukuran dan bentuknya berbeda. Mungkin karena kedua tempat ini memiliki aliran keagamaan yang mirip kali, yah. Dan kalau dilihat dari bunga-bunganan yang menjadi bagian dari sesajian yang ada di pura kecil itu, aku melihat kemiripannnya dengan India. Ah, seketika tiba-tiba aku denger lagunya Coldplay mendengung di telinga. Hm.. around the world, girl.

Kelima, adaptasi dengan orang-orangnya. Orang-orang Thailand kebanyakannya sih baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung biar cepet kaya. Kurang lebih sama lah kayak orang Indonesia. Kebetulan yang jadi temen-temen kita di Thailand anak-anaknya asik-asik, sih. Kalau kalian pernah liat film A Little Thing Called Love dan memperhatikan temen-temennya Nam, ya kurang lebih kayak gitulah lucunya mereka. Bukan muka-mukanya loh, ya. Cuma biar bisa bayangin aja gimana asiknya mereka. Suka becanda, cepet akrab, kocak, suka bully-bully-an juga. Masak temennya tidur mangap-mangap di bis malah dipotoin, abis itu diketawain. Haha.. gile. Sama aja kayak kelakuan gue di Indo.

Monmaap, ya. Foto yang lebih parah aku skip dulu. Aib orang soalnya. Hahah..
Nah, terus kalau kalian pernah denger tentang isu banyaknya lady boy-lady boy di Thailand itu juga bukan hoax. Itu bener. Di beberapa tempat yang aku kunjungi, aku sering ketipu dengan orang yang berpenampilan kayak cewek, cantik banget, tapi suaranya kayak preman, cuy. Haha.. parah. Gaada permak suara apa, ya.

Kalau di kampus emang gak ada yang separah itu (atau aku yang belum sempet nemuin secara langsung). Tapi beberapa orang memang terlihat mengecoh. Ada yang cowok suka pake gincu, ada juga yang cewek tapi potongan rambutnya cepak dan dadanya datar. Omegaaad. Jadi susah bedainnya, kan.
Apa lo liat-liat. Haha..


Mantaaaps..
Aku sih pernah baca di sebuah artikel, katanya orang Thailand itu banyak yang merasa bahwa jiwa mereka yang sebenarnya itu secara tidak sengaja telah terjebak di tubuh yang salah. mungkin kayak ketuker gitu kali, yah. Oleh karenanya, mereka mempermak diri mereka sesuai dengan yang ‘jiwa’ mereka mau.

Tapi menurut aku pribadi, ya sah-sah aja, sih. Terserah mereka. Hidup-hidup mereka. Mereka pasti punya alasan tersendiri kenapa melakukan hal tersebut. Positive thingking aja. Ya, entah itu hanya pikiran positif atau pemikiranku yang terlalu liberal, yang pasti harus tetap keep respect aja. Yekan?

Berkunjung ke negara orang itu layaknya bertamu. Apa yang disuguhkan oleh tuan rumah memang tidak akan selalu sama dengan yang biasa kita dapat di rumah. Lalu kita hanya perlu sedikit mengimprov diri kita sebagai bentuk respect terhadap tuan rumah. Bukan begitu?

Perbedaan atau ketidaksamaan pasti akan selalu kita temukan di mana-mana. Pasti. Tapi setiap orang pasti punya caranya masing-masing dalam memandang perbedaan. Buat aku pribadi, perbedaan itu keren, unik, asik, dan selalu menyenangkan untuk bisa menyelami perbedaan itu lebih dalam lagi hingga menemukan fakta bahwa di antara kita semua tidak ada hal yang benar-benar berbeda. Masalah agama, makanan, ras, budaya, bahasa, bahkan pola pikir, bagiku itu hanya objek yang dijadikan pembeda. Tapi pada dasarnya kita semua sama, sama-sama tercipta dari tangan yang sama. Yegak? yelah. Haha..

Oke sekian dulu, yah. Jangan lupa baca postingan selanjutnya, ya. Masih tentang pengalaman di negeri gajah putih. Tapi insyaAllah lebih berfaedah. Hehe.. 

Semoga bermanfaat.

Ciluk dah.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Mahasiswa Saat Dalam Kelas

Semester Rawan Kecelakaan

Zaman Sial